Bupati Muba Launching Pasar.id dan Berikan Bantuan Sarana UMKM Kepada Pedagang Keliling dan Pedagang Pasar

Musi Banyuasin,- Pertama di Sumsel, Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA resmi melaunching Produk Pasar.id Pasar Randik Sekayu, Pasar Tradisional Online Unggulan Nasional, bertempat di Halaman Kantor UPTD Pasar Randik Sekayu, Jumat (11/12/2020).

Selain melakukan Peresmian Produk Pasar.id, Bupati Muba DRA juga menyerahkan Bantuan Sarana UMKM kepada Pedagang Pasar dan Pedagang keliling di kabupaten Musi Banyuasin yang bersumber melalui Dana APBD-P TA 2020 bekerjasama dengan CSR Bank BRI.

Kegiatan ini pun dilengkapi dengan pemberian Penghargaan kepada Bupati Musi Banyuasin yang langsung diserahkan oleh CEO Bank Sumsel Babel sebagai Mitra pembangunan Daerah.

Dalam Sambutannya Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menyampaikan, Pasar.id kalau saya liat ini bukan saja untuk mensiasati Virus COVID-19. Belanja Online ini akan menjadi suatu kebiasaan, Pasar Online ini seharusnya akan menghidupkan pedagang dan para tukang ojek. Tentunya Program ini akan menjadi suatu Program yang harus bisa meningkatkan Pendapatan Pedagang.

” Nah, mungkin ini upaya kita untuk menghidupkan UMKM yang mati surih, ini bagian dari menghidupkan kembali pedagang-pedagang. Ini sekaligus sebagai dukungan untuk mendukung kemajuan bertambahnya Nasabah Bank BRI. Merekrut Pedagang kecil sebagai Basis Customer Base, saya Apresiasi ini,” ucap DRA.

Bantuan ini diharapkan mampu dikelolah dengan baik oleh Pelaku Usaha UMKM, ini juga sebagai bentuk menyelaraskan pembinaan kepada Pelaku UMKM untuk Bangkit. Hal ini pun nantinya menjadi Evaluasi bagi Disdagperin untuk pemberian bantuan kepada Pelaku Usaha.

” Nomor satu menjadi Prioritas untuk diberikan bantuan pada saat COVID-19 ini adalah Pedagang UMKM, saya ucapkan terima kasih kepada pelaku usaha hari ini. Saya ucapkan kepada Para Pelaku Usaha yang mendapatkan Bantuan agar segera mengoperasikan Usahanya, saya Apresiasi sekali lagi atas adanya Pasar.id ini. Pasar.id saya nyatakan resmi dioperasikan,” tutupnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Disdagperin Muba Azizah SSos MT mengungkapkan, terima kasih kepada Bapak Bupati Musi Banyuasin yang sempat hadir langsung melaunching serta menyerahkan bantuan CSR Bank BRI kepada Pelaku Usaha UMKM Pasar Randik dan Pedagang keliling di kabupaten Musi Banyuasin.

” Dalam giat ini Bupati menerima Penghargaan dari CEO BRI Sumsel Babel dan dilakukan penyerahan bantuan CSR BRI untuk mendukung sarana prasarana pasar dalam kabupaten Muba sebesar 100 juta rupiah dalam bentuk sarana pendukung di antaranya Laptop, Printer, Handphone dan sarana pendukung lainnya,” ucap Azizah.

CEO Bank BRI Cabang Musi Banyuasin Elizabeth Primasari dalam kesempatannya mengungkapkan, Pandemi COVID-19 memang menjadi suatu keterbatasan untuk kita semua, salah satunya kegiatan Perdagangan, kenapa BRI memantau hal ini ? Karena ini menjadi suatu Prioritas pengentasan pada Pandemi.

” Solusinya, Bank BRI memfokuskan untuk Pelaku UMKM membuat inovasi dengan digitalisasi yang kita sebut Pasar Online Tradisional yaitu Pasar.id. Ini sebagai Solusi Alternatif antara Pedagang dan pembeli tanpa harus bertemu,” paparnya

Untuk itu kami berikan Inovasi ini, guna seiring dengan saat ini berkembangnya digitalisasi, secara jaringan kita akan berikan pelayanan juga pembayaran Online. Pasar.id bisa diakses melalui Google dengan melakukan Pencarian Pasar.id sesuai dengan GPS (Lokasi) masing-masing.

” Ini seiring juga dengan Program dan terobosan bapak Joko Widodo di era digitalisasi untuk meningkatkan kemajuan dan penghasilan UMKM di kabupaten Musi Banyuasin. Di kabupaten Musi Banyuasin sendiri ada beberapa pasar yang sudah masuk ke Plaform,” bebernya.

Beberapa Pasar diantaranya, Pasar Bayung Lencir, Pasar Babat Toman, Pasar Randik Sekayu, Pasar Perjuangan, Pasar Tebing Bulang, Pasar Peninggalan dan beberapa Pasar lainnya, sebanyak 65 Pedagang telah masuk dalam Plaform, semua ini bisa diakses melalui Pasar.id yang langsung melalui Bank BRI.

” Bank BRI telah menyediakan cara Bayar dengan Sistem Online dengan Gopay dan tahun depan, beberapa Transaksi Digitalisasi ini akan merubah cara bayar melalui Sistem Digitalisasi. Dan Pasar.id Randik Sekayu telah terpilih sebagai Pasar Unggulan Tradisional ditingkat Pusat yang langsung di hadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan, ini tidak terlepas dari Dukungan Bapak Bupati Musi Banyuasin dalam melakukan Pemulihan Ekonomi Masa Pandemi COVID-19,” jelasnya.

Usai kegiatan Bupati DRA melaksanaan Penyerahan secara simbolis Bantuan UMKM kepada Pegang Pasar dan Pedagang Keliling diantarannya, Bentor, Motor Rekayasa, Drop Point, 50 Box Container dan 100 unit Gerobak Dorong.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua TP-PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza, Sekda Muba, Kapolres Muba, Dandim 0401/Muba, Asisten II, Ka BPKAD, Ka Bappeda, Ka Diskoperasi dan UMKM, Ka DLH, Kasat Pol PP, Plt Ka Disdagperin, Plt Ka Dispopar, Ka Dinkes, Ka Dinkominfo, Dishub, Kabag Kesra, Plt Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Camat Sekayu.

_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *